Jakarta (26/10), PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali menorehkan prestasi dengan meraih Special Award dalam ajang CSR Award 2024 untuk Program Kepedulian pada Keselamatan Pengguna Jalan melalui program inovatif “Sosialisasi Bahaya Pembakaran Sisa Hasil Panen”. Acara penghargaan yang mengusung tema “ Impact Symphony: Corporate Social Responsibility Appreciation Night 2024” ini diselenggarakan pada Kamis (24/10) di Jakarta dan merupakan bentuk apresiasi bagi perusahaan yang memberikan kontribusi signifikan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).
Penghargaan ini diselenggarakan oleh Investortrust.id dan Bumi Global Karbon (BGK) Foundation, yang memberikan pengakuan kepada perusahaan-perusahaan atas komitmen luar biasa mereka dalam menjalankan tanggung jawab sosial yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. Engineering Planning Group Head Jasa Marga George I.M.P Manurung, hadir menerima penghargaan tersebut mewakili manajemen Jasa Marga, turut hadir pula CEO PT Investortrust Indonesia Sejahtera Primus Dorimulu dan Founder BGK Foundation Achmad Deni Daruri serta tamu undangan lainnya.
George mengungkapkan bahwa penghargaan ini memotivasi Jasa Marga untuk terus berinovasi dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) melalui implementasi program Environment, Social, and Governance (ESG).
“Jasa Marga berterima kasih atas penghargaan yang diberikan. Penghargaan ini merupakan bukti nyata kontribusi Jasa Marga dalam melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan program-program CSR yang tidak hanya berdampak pada kelestarian lingkungan, tetapi juga memberikan manfaat besar bagi masyarakat di sekitar jalan tol,” ujar George.
Sementara itu, CEO PT Investortrust Indonesia Sejahtera, Primus Dorimulu, menekankan pentingnya apresiasi terhadap perusahaan yang telah melaksanakan program CSR yang berkelanjutan.
“CSR Award 2024 ini menjadi pengakuan bagi perusahaan-perusahaan yang berhasil melampaui batas keuntungan bisnis dan berfokus pada dampak sosial yang nyata. Ini mendorong perusahaan untuk terus memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat,” jelas Primus.
Founder BGK Foundation Achmad Deni, menjelaskan bahwa proses seleksi program CSR melibatkan 154 perusahaan dengan menggunakan metode Social Return of Investment (SROI) untuk mengukur dampak sosial, lingkungan, dan ekonomi dari setiap program. Dari 154 perusahaan tersebut, 36 perusahaan terpilih berdasarkan SROI terbaik dari Sustainability Report yang mereka publikasikan.
Program “Sosialisasi Bahaya Pembakaran Sisa Hasil Panen” yang dilakukan oleh Jasa Marga merupakan upaya berkelanjutan dalam menjaga keselamatan pengguna jalan dan lingkungan sekitar jalan tol. Pembakaran sisa hasil panen yang dilakukan di sekitar koridor jalan tol dapat berpotensi menimbulkan asap tebal yang dapat mengganggu jarak pandang pengendara, sehingga berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan. Melalui program ini, Jasa Marga aktif memberikan edukasi kepada masyarakat setempat untuk mencegah praktik yang berbahaya tersebut.
Selain program ini, Jasa Marga juga secara rutin menjalankan berbagai program TJSL lainnya, seperti program Jasa Marga Medical Keliling (Jamedlink) yang memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat di sekitar proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, dan modernisasi pertanian di Desa Kuwiran wilayah operasional Jalan Tol Jogja-Solo, serta program BUKBER (BUdaya Kita BERbagi) selama bulan Ramadhan 2024, termasuk mudik gratis bersama Kementerian BUMN, pasar sembako murah, dan bazar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jasa Marga juga berperan aktif dalam penanganan bencana sebagai koordinator Satgas BUMN, menunjukkan peran pentingnya dalam mendukung kesejahteraan masyarakat luas.
Penghargaan ini memperkuat komitmen Jasa Marga untuk terus menghadirkan program CSR yang berkualitas, berkelanjutan, dan berdampak positif bagi masyarakat serta lingkungan. Sebagai perusahaan jalan tol terbesar di Indonesia, Jasa Marga akan terus berinovasi dan mengedepankan nilai-nilai tanggung jawab sosial yang sejalan dengan visi dan misi Perusahaan.