Wartaindonesia.idWartaindonesia.idWartaindonesia.id
  • Home
  • Nasional
  • Bisnis
  • Hukum
  • Indeks Berita
Search
© 2023 WARTAIndonesia.id. Berita & Informasi Indonesia. All Rights Reserved.
Reading: Tingkatkan Kualitas Iklim Investasi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin Ingatkan Pelayanan Publik Jangan Kerja Biasa-Biasa Saja
Sign In
Notification Show More
Wartaindonesia.idWartaindonesia.id
  • Home
  • Nasional
  • Bisnis
  • Hukum
  • Indeks Berita
Search
  • Home
  • Nasional
  • Bisnis
  • Hukum
  • Indeks Berita
Have an existing account? Sign In
Follow US
© 2023 WARTAINDONESIA.id | Berita & Informasi Indonesia | All Rights Reserved.
Wartaindonesia.id > Tingkatkan Kualitas Iklim Investasi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin Ingatkan Pelayanan Publik Jangan Kerja Biasa-Biasa Saja
Nasional

Tingkatkan Kualitas Iklim Investasi, Wakil Presiden Ma’ruf Amin Ingatkan Pelayanan Publik Jangan Kerja Biasa-Biasa Saja

Warta
Warta
Kamis, 14 Maret 2024
Share
SHARE

Jakarta, WARTAIndonesia.id – Pemerintah menyadari bahwa dalam hal pembangunan ekonomi Nasional, pelayanan publik merupakan elemen vital yang berpengaruh terhadap dunia investasi dan bisnis. Oleh karena itu, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menegaskan bahwa pelayan publik harus terus ditingkatkan dan dijalankan dengan prima.

“Saya tegaskan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik tidak bisa lagi bekerja biasa-biasa saja. Peningkatan kualitas pelayanan publik adalah faktor penting untuk menarik investasi dan menciptakan iklim berusaha yang baik,” ujar Wapres saat menghadiri Peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman RI Tahun 2023 di Gedung Ombudsman RI, Jl. HR. Rasuna Said, Karet Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (14/03/2024).

Menurut Wapres, kehadiran Ombudsman sebagai lembaga negara independen menjalankan peran strategis untuk memastikan pemerintahan berjalan bersih dan memiliki tata kelola yang baik sehingga masyarakat dapat terlayani secara adil.

“Di sinilah Ombudsman berperan nyata dengan menyusun rumusan kebijakan publik berbasis aduan masyarakat dalam bentuk tindakan korektif, saran perbaikan, juga rekomendasi untuk mendorong peningkatan layanan publik yang semakin berkualitas,” tuturnya.

Berdasarkan laporan yang ia terima, Wapres menyebut bahwa secara umum kualitas penyelenggaraan pelayanan publik Nasional sekaligus pelaksanaan reformasi birokrasi, meningkat dalam dua tahun terakhir. Hal ini didasarkan atas dua indikator, pertama hasil penilaian Ombudsman atas tingkat kepatuhan di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah terhadap standar pelayanan publik.

“Dari tahun 2022 ke 2023, ada kenaikan signifikan jumlah instansi penyelenggara pelayanan publik yang masuk zona hijau, atau mematuhi standar. 70% dari 586 instansi dinilai masuk zona hijau pada 2023, naik dari sekitar 46% di tahun 2022,” jelas Wapres.

Indikator kedua, lanjutnya, yaitu berdasarkan hasil penilaian kualitas pelayanan publik tingkat global yang diukur melalui Indeks Efektivitas Pemerintah.

“Indeks Efektivitas Pemerintah tercatat naik, dari 64,76 tahun 2022, menjadi 66,04 tahun 2023, menempatkan Indonesia di urutan ke-73 dari 214 negara,” ungkap Wapres.

Atas capaian tersebut, Wapres memberikan apresiasi terhadap setiap unsur penyelenggara pelayan publik. Ia pun meminta agar hal ini dijadikan motivasi untuk terus melakukan perbaikan, khususnya terhadap penanganan laporan masyarakat atas rendahnya kualitas pelayanan publik di daerah.

“Saya mendengar, aduan masyarakat yang diterima Ombudsman perwakilan daerah jumlahnya sepuluh kali lipat lebih banyak daripada Ombudsman pusat. Aduan masyarakat menjadi parameter mendasar keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik,” imbuhnya.

Menutup sambutannya, Wapres meminta Ombudsman untuk terus bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan, agar akses pengaduan pelayanan publik dapat semakin diperluas dan ditindaklanjuti. Ia juga berharap, melalui sosialisasi masif mengenai fungsi dan peran Ombudsman, masyarakat akan dapat memanfaatkan fasilitas aduan dengan baik.

“Lanjutkan sosialisasi mengenai peran dan fungsi Ombudsman kepada masyarakat luas. Tingkatkan pula literasi masyarakat atas hak-hak untuk mendapatkan pelayanan publik yang baik. Dengan demikian, masyarakat bisa ikut serta berpartisipasi dalam pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih melaporkan bahwa sepanjang 2023, Ombudsman RI menangani 26.461 kasus pelayanan publik yang terdiri dari laporan masyarakat sebanyak 7.392, konsultasi non-laporan 15.348, Respons Cepat Ombudsman (RCO) sebanyak 948, investigasi atas prakarsa sendiri 118, serta tembusan sebanyak 2.655 kasus. Kasus-kasus tersebut mendapat prioritas penyelesaian segera.

“Sepanjang 2023, laporan yang diselesaikan oleh Ombudsman RI sebanyak 7.909 laporan dengan rincian Kantor Pusat menyelesaikan 1.200 laporan dan kantor Perwakilan menyelesaikan 6.709 laporan masyarakat,” paparnya.

Sebagai upaya peningkatan literasi publik mengenai tugas dan fungsi Ombudsman, Najih menyampaikan bahwa Ombudsman telah melakukan kunjungan ke 52 kabupaten/kota. Dengan demikian, informasi penanganan pengaduan kepada masyarakat diharapkan semakin meluas.

“Bekerja sama dengan Komisi II DPR RI, Ombudsman RI mendengarkan keluhan masyarakat tentang pelayanan publik. Dari 52 kabupaten/kota telah terjaring sebanyak 4.592 partisipan baik yang melakukan konsultasi mengenai permasalahan pelayanan publik,” ungkapnya.

Hadir pada acara ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono, serta Ketua Komisi Yudisial Amzulian Rifai,

Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Muhammad Imam Azis, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma (SM/SK-BPMI, Setwapres)

TAGGED:IndonesiaKH Ma'ruf AminMaruf AminNasionalPemerintahanWakil Presiden Ma'ruf AminWakil Presiden RIWapresWapres Ma'ruf Amin
What do you think?
Love0
Sad0
Happy0
Sleepy0
Angry0
Dead0
Wink0
Previous Article Gelar Rakor Kesiapan Penyeberangan Jelang Angleb 2024/ 1445H, Dirjen Hubdat : Pemudik Wajib Bertiket Maksimum H-1 Keberangkatan
Next Article Prudential Indonesia Umumkan Penunjukan Tony Benitez sebagai CEO & Presiden Direktur
Tidak ada komentar Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Warta Terbaru

Tangsel Raih Penghargaan Kabupaten/Kota Berkinerja Baik dalam Percepatan Penurunan Stunting
Kamis, 13 November 2025
Rektor UIN Jakarta Prof Asep Saepudin Jahar Dorong Mahasiswa Terus Berprestasi Melalui Student Achievement Award 2025
Kamis, 13 November 2025
Sekda Bambang Noertjahjo Buka Kick Off Puslatcab Pekan Olahraga Provinsi ke-VII Banten 2026, Targetkan Tangsel Juara Umum
Kamis, 13 November 2025
DCKTR Tangsel: Pembangunan GSG Pamulang Ditargetkan Selesai di Desember 2025
Kamis, 13 November 2025
Dishub Tangsel Uji Coba Lampu Lalu Lintas di Simpang Duren Satu Sampai Dua Minggu Kedepan
Rabu, 12 November 2025
Lakukan Kajian Mendalam, Fakultas Ushuluddin UIN Jakarta Siap Buka Program Doktor Bidang Advanced Islamic Religious Studies
Selasa, 11 November 2025
Bersaing di Tingkat Provinsi, Tini Indrayanthi Benyamin Komitmen Terus Tingkatkan Kualitas Pelayanan Posyandu
Selasa, 11 November 2025
Kolaborasi CMA CGM Foundation dan Happy Hearts Indonesia Jadi Contoh Nyata CSR Berkelanjutan di Dunia Pendidikan
Selasa, 11 November 2025
Hari Pahlawan 2025, Benyamin: Perjuangan Sekarang Bukan Angkat Senjata, Tapi Bangun Negeri
Senin, 10 November 2025
Partim Musical 3.0, Pilar Ajak Warga Tangsel Hijaukan Kota
Senin, 10 November 2025

You Might also Like

Nasional

Presiden Jokowi Tekankan KPPS Bekerja Jujur, Adil, Tegas, dan Cermat

Wartaindonesia
Wartaindonesia
Selasa, 13 Februari 2024
Hukum

Jumat Curhat Kapolrestro Depok Kombes Pol H Ahmad Fuady di Masjid Jami Al Istiqomah

Warta
Warta
Jumat, 8 Desember 2023
Nasional

Presiden Jokowi Tinjau Rekonstruksi Jalan Raya Surakarta-Gemolong-Purwodadi

Wartaindonesia
Wartaindonesia
Minggu, 23 Juli 2023
Hukum

Tinjau Terminal Pulo Gebang, Kapolri Perintahkan Petugas Persiapkan Skema Rekayasa Lalu Lintas

Wartaindonesia
Wartaindonesia
Sabtu, 29 Maret 2025
News

Berikan Dampak ke Masyarakat, 53 UMKM akan Hadir di Pertamina Eco RunFest 2024

Warta
Warta
Selasa, 19 November 2024
Nasional

Buka Rakornas Stunting, Wakil Presiden Ma’ruf Amin Ungkap Keberhasilan Pemerintah Turunkan Prevalensi Lima Tahun Terakhir

Warta
Warta
Rabu, 4 September 2024
Hukum

Pelayanan SIM Keliling di Polsek Kelapa Gading, Mudahkan Masyarakat Urus Perpanjangan SIM

Warta
Warta
Minggu, 26 Januari 2025
Nasional

Wakil Presiden Ma’ruf Amin Ma’ruf Amin: ASEAN+3 Harus Terus Menjadi Jangkar Perdamaian dan Stabilitas Kawasan

Warta
Warta
Kamis, 10 Oktober 2024
Hukum

Panitia Klarifikasi Tak Ada Intimidasi Polisi Atas Pentas di TIM

Warta
Warta
Selasa, 5 Desember 2023
Show More
Wartaindonesia.idWartaindonesia.id
Follow US
© 2023 WARTAINDONESIA.id | Berita & Informasi Indonesia | All Rights Reserved.
  • About
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Privacy Policy
  • Kode Etik Jurnalistik
  • Kode Etik
  • Contact
Go to mobile version
Welcome Back!

Sign in to your account

Username or Email Address
Password

Lost your password?